Sejarah Instansi

Untuk penyelenggaraan pemerintah daerah, perlu suatu perangkat daerah yang dapat menyelenggarakan seluruh urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Bab IV tentang besaran Organisasi dan perumpunan urusan pemerintah yaitu pasal 22 ayat 5 huruf g tertera “Bidang Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi”.

Semula Dinas Perpustakaan Kabupaten Batu Bara tidak memiliki  gedung. Namun berkantor di Mobil Pintar atas bantuan dari Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dan Otorita Asahan. Tepatnya 20 November 2008 dimana eks Gedung Kantor Kewedanaan Batu Bara dijadikan Kantor, setelah direnovasi melalui APBD tahun 2008 yang berlokasi di Jln. Imam Bonjol, Labuhan Ruku Kecamatan Talawi.

Tugas pokok Dinas Perpustakaan adalah merupakan unsur penunjang Pemerintah Daerah dalam melaksanakan kewenangan Otonomi dibidang Pengelolaan dan Pembinaan Perpustakaan dan Arsip, yang diselenggarakan dengan pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, kerukunan dan kemitraan.