Pelayanan Perpustakaan

Sesuai Perka Perpustakaan Nasional RI no. 11 tahun 2017 poin 5 ayat b menyatakan bahwa jenis Pelayanan di perpustakaan paling sedikit harus ada tiga, yaitu :

  1. Pelayanan Sirkulasi
  2. Pelayanan Refensi
  3. Pelayanan Literasi dan Informasi      

Adapun bentuk-bentuk Pelayanan di Dinas Perpustakaan Kabupaten Batu Bara, adalah :

  1. Pelayanan Sirkulasi

Pelayanan sirkulasi adalah semua bentuk kegiatan pencatatan yang berhubungan atau berkaitan dengan peminjaman, perpanjangan dan pengembalian bahan pustaka agar dapat dipergunakan oleh pengguna atau pemustaka secara maksimal.

Dengan adanya pelayanan sirkulasi ini, Dinas Perpustakaan Kabupaten Batu Bara secara terbuka memberikan peminjaman bahan pustaka kepada masyarakat pengguna atau pemustaka yang telah memiliki kartu anggota perpustakaan. Dengan demikian masyarakat sebagai pengguna atau pemustaka dapat meminjam dan membawa pulang buku-buku yang diinginkannya sesuai ketentuan dan peraturan yang ditetapkan.

  1. Pelayanan Referensi

Pelayanan referensi adalah layanan yang menyediakan koleksi buku-buku yang dapat memberikan keterangan suatu topik, nama orang, tempat, istilah, riwayat dari orang-orang terkenal dan lain sebagainya.

Koleksi buku-buku di layanan referensi hanya bisa di baca di tempat dengan tidak dapat dipinjamkan (dibawa pulang).

  1. Pelayanan Baca Anak

Pelayanan baca anak adalah layanan yang dirancang khusus untuk anak-anak dengan menyediakan buku-buku pengetahuan, buku-buku cerita (dongeng), dan permainan untuk anak/alat peraga yang edukatif

Ruangan baca anak ini dirancang khusus dengan memberi sentuhan warna-warna yang ceria, kursi-kursi kecil, rak buku yang berukuran pendek dan diberi karpet.

  1. Pelayanan Internet

Pelayanan internet adalah pelayanan yang disediakan perpustakaan berbentuk seperangkat komputer yang memiliki jaringan internet.

Dinas Perpustakaan kabupaten Batu Bara memiliki beberapa unit komputer yang di sediakan untuk para pengunjung yang ingin mencari informasi yang diinginkannya.

  1. Pelayanan Literasi dan Informasi

Pelayanan Literasi dan Informasi adalah pelayanan untuk membantu pengguna perpustakaan menelusuri informasi di perpustakaan.

Dinas Perpustakaan Kabupaten Batu Bara menyediakan layanan ini agar pengunjung perpustakaan lebih cepat dan efesien mendapatkan informasi yang diinginkan. Contohnya cara menggunakan Inlis Lite (sistem penelusuran Informasi)

  1. Pelayanan Perpustakaan Keliling

Pelayanan Perpustakaan Keliling (Pusling) adalah perpustakaan yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan dan membawa bahan pustaka serta memberikan layanan jasa perpustakaan kepada pengguna yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum/menetap.

Dinas Perpustakaan Kabupaten Batu Bara memiliki 2 (dua) unit kendaraan untuk Perpustakaan Keliling, yaitu :

  1. Pelayanan Mobil Pintar. Pelayanan ini berfokus mengunjungi sekolah-sekolah yang bisa di jangkau dengan menggunakan mobil pintar.
  2. Pelayanan Perpustakaan Keliling. Pelayanan ini berfokus mengunjungi perpustakaan desa/kelurahan. Tetapi tidak menutup kemungkinan perpustakaan keliling ini mengunjungi sekolah-sekolah yang tidak dapat terjangkau oleh pelayanan mobil pintar.